4 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mengonsumsi Makanan Sehari-Hari

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


Cara Aman Mengobati Sembelit Dengan Mengonsumsi Makanan Ini
Ilustrasi sembelit sumber | pixabay.com

Pencernaan yang tidak lancar pastinya membuat Anda jadi susah untuk buang air besar, apabial tidak segera diatasi tentunya hal tersebut bisa mengundang berbagai penyakit mulai dari perut kembung, wasir sampai radang usus. Apakah ada makanan yang bisa melancarkan pencernaan? Tentu saja ada kamu bisa mencoba makanan dibawah ini baca sampai selesai.

Cara Alami Mengobati Sembelit (Konstipasi)


1. Acar mentimun

Sayuran unik ini dibuat dari mentimun yang diawetkan  dalam larutan air dan garam. Cairan asam dapat terjadi lantaran telah mengalami proses fermentasi, acar mentimun dipercaya mampu membantu proses pencernaan. Selain itu makanan ini juga banyak akan Vitamin K, yang membantu dalam proses pembekuan darah.

Tidak hanya itu saja, acar mentimun ternyata juga rendah kalori. Perlu kamu ketahui bahwasannya acar tidak hanya terbuat dari mentimun, ada beragam sayuran lain yang bisa diolah menjadi acar semacam wortel, bunga kol, bit dan lainnya.

2. Tempe

Buat Anda yang tidak menyukai sayuran, kamu bisa coba dengan mengonsumsi tempe. Makanan ini sudah melalui proses fermentasi, sehingga membuatnya kaya akan probiotik yang membuat kandungan mineral dalam kedelai bisa diserap dengan baik. Selain itu tempe jua merupakan sumber protein nabati dan mudah buat diolah. Kamu dapat mengonsumsi tempe setelah diolah menjadi semcam tempe bacem, bakar, maupun goreng.

3. Susu

Apa benar susu bisa menjadi sajian yang berguna melancarkan pencernaan? Pendapat ini memang tepat, namun susu yang dimaksud adalah susu yang telah difermentasi atau biasa dkenal dengan istilah yogurt. Makanan tersebut memang terkan bagus bagi pencernaan mulai dari meredakan diare, melancarkan buang air besar, hingga kandungan kalsiumnya yang tinggi berfaedah buat kesehatan tulang dan gigi. 

Meski dipasaran banyak tersebar berbagai pilihan, tapi pastikan Anda memilih yogurt yang mempunyai kadar gula kurang dari 15g/sajian. Hal ini lantaran tingginya kadar gula mampu mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

4. Makanan pedas

Pasti kamu berfikir dalam melancarkan pencernaan mengonsumsi makanan pedas itu dilarang. Sebenarnya yang dimaksud adalah bukan dilarang, tetapi mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beragam masalah pada tubuh mulai dari nyeri ulu hati hingga diare. Akan tetapi bagi kamu yang menyukai rasa pedas, Anda bisa memakan sayuran fermentasi asal korea yang dikenal dengan istilah kimchi

Makanan ini diproduksi dari fermentasi kubis dan beberapa sayuran lain yang sudah dibumbui dengan bubuk cabai, bawang putih, garam dan rempah-rempah lainnya. Sayuran tersebut mengandung banyak bakteri asam laktat seperti Lactobacillus Kimchii yang baik buat kesehatan pencernaan kamu.

Itulah beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai bahan pelancar pencernaan dengan mudah. Selain mengonsumsi 4 makanan diatas tambahkan juga makanan sehat lainnya semisal buah dan pebanyak minum air putih, semoga berhasil.


Demikianlah Artikel 4 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mengonsumsi Makanan Sehari-Hari
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel 4 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mengonsumsi Makanan Sehari-Hari dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2019/10/4-cara-mengatasi-sembelit-dengan.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...