Yang Harus Diketahui Ibu Hamil Ketika Usia Kandungan Sudah 5 Minggu

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


Yang Harus Diketahui Ibu Hamil 5 Minggu
hamil 5 minggu (sumber: pixabay.com)


Apa itu Kehamilan? Kehamilan adalah proses pembuahan sampai akhirnya melahirkan, di mulai oleh masuknya sel telur yang terbentuk dari sperma, lalu tertanam di dalalm lapisan rahim yang kemudian akan menjadi janin. Proses kehamilan akan terjadi selama 4 minggu.

Yang Harus Dilakukan ketika usia Kandungan 5 Minggu

Di minggu kelima ini, ibu pasti suda menyadari kalau sedang hami dikarenakan terlambatnya datang bulan. Penting bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kandungan dan (USG) untuk mengetahui dan memantau kondisi bayi dalam kandungan. Pada awal kehamilan ibu hamil akan merasakan gejala seperti mual. Pada tahap ini, ibu hamil sudah harus menghindari aktivitas yang bisa membahayakan kandungan anda. 

Baca Juga: Ciri-Ciri hamil 2 Minggu dan Yang Akan Dialami Ibu Hamil

Bayi anda akan sibuk untuk untuk melalui proses pertumbuhan. Organ vital bayi anda sedang berkembang pesat dalam tahap ini, mulai dari jaringan syaraf ,otak, medula spinalis, hingga tulang belakang.

Perubahan yang terjadi di usia Kandungan 5 Minggu

Pada fase ini bayi ibu akan mengalalmi perubahan-perubahan pada bagian tubuh dan organ-oragan tubuh. Ukuran bayi sudah bisa di ketahui, meskipun ukuran bayi ibu masih sangat kecil. Panjang embrio di minggu kelima ini sudah sekitar (2 mm) hingga (4 mm), jika dilihat bentuknya akan terlihat sama seperti berudu. Diperkirakan besarnya sama dengan ukuran biji wijen. Bentuk anggota tubuhnya belum terlalu berkembang sempurna karena masih berupa janin:

  1. Jantung bayi sudah mulai berkembang dan membentuk sekat dan serambi. Dan akan mulai        memompa darahnya sendiri.
  2. Organ-organ pencernaan pun juga mulai berkembang, dan mulai beranjak pada tempatnya.
  3. Empat anggota tubuh akan mulai terlihat, yang akan tumbun menjadi dua pasang tangan dan dua pasang kaki.
  4. Tabung saraf, tempat otak, medula spinalis, jaringan saraf hingga tulang belakang mulai tumbuh dan berkembang.
  5. Pada akhir minggu kelima usia kehamilan, Pembuluh darah pada organ-organ janin mulai terbentuk.

 Dan yang akan terjadi pada ibu hamil adalah:

  • Ibu hamil akan merasa lebih cepat lelah.
  • Berubahnya suasana hati seperti mudah marah, mudah tersinggung atau menjadi lebih sensitif.
  • Lebih sering buang air kecil dikarenakan janin yang mulai semakin membesar dalam rahim sehingga kantung kemih tertekan dan menyebabkan urin yang dapat di tampung kantung kemih makin berkurang.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Ibu Hamil  

Menghindari timbulnya stres, itu sangat penting bagi kesehatan ibu dan janinnya, ibu hamil harus selalu rileks, tenang dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu ibu hamil dapat melakukan aktivitas berikut ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan janin:

1. OLAHRAGA

Ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk berolahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Tentunya olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi ibu hamil selain juga harus menyenangkan. Berolahraga bisa dilakukan di pusat pelatihan khusus olahraga ibu-ibu hamil, pusat pelatihan, maupun melakukanya sendiri di rumah. Pilih olahraga yang tepat bagi ibu hamil, di bawah ini ada beberapa saran olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya:

  1. Yoga yang di khususkan untuk ibu-ibu hamil bermanfaat untuk mengatasi pegal-pegal pada tubuh, sekaligus berguna untuk memperlancar peredaran darah, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  2. Jalan santai, dan bersepeda bisa dilakukan. Namun, pada saat menjelang persalinan bersepeda jangan di lakukan lagi.
  3. Berenang, berguna untuk meminimalkan resiko pada persendian, berguna juga untuk memperkuat kerja otot jantung, otot panggul, dan meningkatkan kebugaran. Namun, pada saat usia kehamilan ganda, ketuban telah pecah, memiliki rowayat keguguran lebih dari 3 kali, atau gangguan jantung, berenang sebaiknya tidak di lakukan.

2. MAKAN di LUAR RUMAH

Menikmati berbagai macam olahan makanan, sesekali memang perlu di lakukan. Ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menghilangkan stres, dan kejenuhan, karena makan di tempat yang berbeda dan tenang dapat membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Ibu hamil akan mendapatkan suasana baru, dan menu yang berbeda.

3. BERHUBUNGAN SEKSUAL

Dipercaya, bahwasanya berhubungan badan secara rutin, selain bermanfaat untuk keharmonisan suami istri, juga dapat menyehatkan fisik dan juga mental. Selama kondisi ibu dan kandungan sehat, ibu hamil dapat melakukan hubungan seksual seperti biasa.

Demikianlah Artikel Yang Harus Diketahui Ibu Hamil Ketika Usia Kandungan Sudah 5 Minggu
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel Yang Harus Diketahui Ibu Hamil Ketika Usia Kandungan Sudah 5 Minggu dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2019/09/yang-harus-diketahui-ibu-hamil-ketika.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...