PERILAKU ORGANISASI

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


Perilaku Organisasi


 A. Pengertian Perilaku Organisasi
Organisasi merupakan bagian yang penting dalam segala hal yang berkaitan dengan kelembagaan, khususnya lembaga pendidikan. Dengan adanya organisasi akan ada kerjasama yang saling berkesinambungan antara bagian yang satu dengan yang lain dalam suatu perusahaan maupun lembaga pendidikan.
Saat berorganisasi ada beberapa perilaku yang mestinya kita lakukan. Perilaku tersebut yang kemudian disebut sebagai perilaku berorganisasi. Salah satu contoh perilaku tersebut adalah mengenai kedisiplinan.

Jadi dapat disimpulkan perilaku organisasi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang dampak perseorangan, kelompok, dan struktur dalam perilaku berorganisasi dengan tujuan menerapkan pengetahuan mengenai hal – hal tersebut guna memperbaiki efektivitas organisasi

Pengertian perilaku organisasi menurut definisi para ahli
  1. Toha (2001)
    bahwa yang dimaksud perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu.
  2. James L. Gibson, John. M. Ivancevich, James. H. Donelly Jr. (1986)
    menyebutkan bahwa yang dimaksud perilaku organisasi adalah studi tentang perilaku manusia, sikapnya dan hasil karyanya dalam lingkungan keorganisasian.
  3. Robbin (2001)
    bahwa perilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, kelompok dan struktur pada perilaku dalam organisasi dengan maksud menerapkan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki keefektifan organisasi. 
  4. John (1983) yang menyebutkan bahwa perilaku organisasi merupakan suatu istilah yang agak umum yang menunjukkan kepada sikap dan perilaku individu dan kelompok dalam organisasi, yang berkenaan dengan studi sistematis tentang sikap dan perilaku, baik yang menyangkut pribadi maupun antar pribadi di dalam konteks organisasi.
B. Pendekatan dalam perilaku organisasi. 

Perlu adanya pendekatan didalam perilaku organisasi. pendekatan dalam perilaku organisasi tersebut adalah sebagai berikut: 
  1. Pendekatan Sistem
    Pendekatan Sistem adalah pendekatan yang lebih menekankan pada sistem yang ada dalam suatu organisasi. Pendekatan ini mengkritisi kinerja yang ada dalam organisasi, apakah baik atau tidak, perlu adanya perubahan atau tidak. 
  2. Pendekatan Kontingensi
    Dalam pendekatan ini, perilaku organisasi di terapkan dalam hubungan kontingensi. Supaya menjadi efektif dalam kinerjanya, tidak semua organisasi membutuhkan kadar partisipasi, karena suatu saat ada beberapa situasi  memungkinkan adanya partisipasi yang lebih besar dibandingkan dengan situasi saat itu dan sebagian orang lebih memilih partisipasi ketimbang orang – orang lainnya.
  3. Pendekatan Sosial.
    Pendekatan sosial menyadari bahwa apa yang terjadi diluar memberikan pengaruh terhadap praktik perilaku organisasi. Begitu pula sebaliknya, apa yang terjadi di dalam organisasi mempengaruhi jalannya praktik kinerja organisasi terhadap lingkungan luar. Seorang pemimpin harus tanggap serta sigap dalam mengatasi kondii semacam ini, karena hal ini merupakan pengaruh atas operasi di dalam.

 sumber:http://sukamdianakdesa.blogspot.co.id
http://sumberilmupsikologi.blogspot.co.id


Demikianlah Artikel PERILAKU ORGANISASI
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel PERILAKU ORGANISASI dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2017/11/perilaku-organisasi-pengertian-perilaku.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...