Pengertian manajemen operasional, Ciri-ciri dan Peranan manajer operasional

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


Pengertian manajemen operasional, Ciri-ciri dan peranan manajer operasional – Apa yang dimaksud dengan manajemen operasional? Lalu apa saja Ciri-ciri dan Peranan manajer operasional? Untuk mengetahuinya kamu dapat  mempelajari dan memahaminya di artikel ini.




A. Pengertian manajemen operasional
Manajemen operasional adalah suatu bentuk dari pengelolahan yang menyeluruh dan optimal pada suatu masalah tenaga kerja, barang, mesin, peralatan, bahan baku atau produk apapun yang dapat dijadikan barang atau jasa yang tentunya dapat di perjual belikan. Yang dimana terdapat manajer operasional yang tanggung jawab terhadap penghasilan produk atau jasa, mengambil keputusan yang berhubungan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi, serta menimbangkan pengambilan keputusan dari fungsi operasi.

Adapun pengertian manajemen operasional menurut para ahli yaitu:
  1. Jay Heizer dan Barry Render (2005;4), Manajemen operasional adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
  2. William J. Stevenson (2009:4)
    Menurut William J. Stevenson, Manajemen Operasional adalah sebuah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa.
  3. Pangestu Subagyo (2000;1), Manajemen operasional adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur seluruh kegiatan produksi atau operasional agar dapat dilakukan secara efisien.
B. Ciri-ciri manajemen operaional
Menurut Zulian Yamit (2003), karakteristik manajemen operasional yakni:
  1. Memiliki sebuah tujuan yakni untuk menghasilkan barang dan jasa
  2. Memiliki sebuah kegiatan yakni dalam kegiatan proses transformasi
  3. Adanya sebuah mekanisme yang mengendalikan suatu pengoperasian
C. Peranan Manajer Operasional dalam Fungsi Manajemen 
Peranan dan fungsi dari manajer operasional sangat strategis dalam mengembangkan sistem proses produksi yang tangguh untuk menciptakan produk atau jasa lebih efisien dan efektif.
Beberapa tugas pokok Manajer Operasional dalam proses produksi adalah :

  1. Menentukan skedul kerja yang efisien dengan mengevaluasi biaya tenaga kerja jika ada penambahan tenaga kerja baik di lapangan maupun di area kantor, dan mengurangi biaya lembur.
  2. Bertanggungjawab terhadap kontiniutas hasil produksi baik dari sisi kualitas maupun kuantitas;
  3. Perencanaan kualitas dan kuantitas bahan baku dalam proses produksi;
  4. Menentukan dan mengatur letak layout pabrik
  5. Menentukan dan mengatur lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien agar penghematan waktu dalam mobilisasi;
  6. Menciptakan strategi produk yang berkualitas dan unik agar dapat bersaing di pasar dengan biaya yang efektif;
  7. Melakukan pemeliharaan peralatan pabrik untuk menjamin keandalan dan kontinuitas operasional.




sumber: https://www.kembar.pro
http://www.pelajaran.co.id


Demikianlah Artikel Pengertian manajemen operasional, Ciri-ciri dan Peranan manajer operasional
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel Pengertian manajemen operasional, Ciri-ciri dan Peranan manajer operasional dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2017/11/pengertian-manajemen-operasional-ciri.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...