APWI 2019 Pengaruh Pada Wisata Indonesia

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


Wisata Indonesia dalam APWI 2019


Indonesia kaya akan budaya dan keindahan disetiap wilayah yang tersebar diseluruh nusantara. Wisata Indonesia penuh akan keindahan dan kebudayaannya yang sangat menarik untuk dinikmati dan dipelajari oleh semua wisatawan. Untuk dapat mengetahui keindahan tersebut, butuh akan informasi visual mau pun tulisan.

Karena itu banyak artikel mau pun karya konten melalui tulisan dan media televisi yang mengenalkan dan mempromosikan kebudayaan dan keindahan Indonesia. Dengan begitu banyak masyarakat menjadi tahu dan kenal dengan keindahan Indonesia melalui informasi wisata Indonesia yang terkenal Indah dan mempesona.

Dari banyaknya karya konten mengenai wisata Indonesia, karena itulah Kementrian Pariwisata melalui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi kepada para pewarta dan blogger dengan menyelenggarakan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata (APWI) 2019 dengan karya terbaik seputar Millennial Tourism. Pelaksanaan APWI 2019 kali ini merupakan kerjasama Kementerian Pariwisata dengan Tiket.com.

APWI 2019 ini telah terselenggara ke 16 kalinya, yang diadakan di setiap tahunnya. Kali ini APWI 2019 mengambil tema "Millennial Tourism" menjadi tema utama dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan milenial.

Acara APWI 2019 ke XVI terselenggara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), pada Rabu siang tanggal 21/10/2019. Yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Beliau mengatakan "Millennial Tourism adalah pasar kita mendatang,  kita harus memenangkan wisatawan generasi milenial yang semakin mendominasi wisman yang berkunjung ke Indonesia."

Selain itu pemberian penghargaan APWI 2019 merupakan bentuk apresiasi Kemenpar kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka seputar Millennial Tourism sebagaimana tema utama dan Destinasi  Super Prioritas yang mendapat perhatian khusus pemerintah.

Ada 7 kategori pemenang yang di umumkan pada acara APWI 2019 yaitu

  1. Kategori Blogger
  2. Kategori Media Online
  3. Kategori Media Cetak Koran
  4. Kategori Media Cetak Majalah
  5. Kategori Media Televisi
  6. Kategori Khusus
  7. Best of The Best


Wisata Indonesia best of the best APWI 2019
Karya Best of The Best dimenangkan oleh
Travel Addict, GTV.


Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti melaporkan, lomba APWI 2019 diikuti peserta masing-masing kategori yaitu

  • - Majalah 28 karya.
  • - Surat kabar 40 karya.
  • - Televisi 73 karya.
  • - Blog 92 karya.
  • - Media online 117 karya.
  • - Kategori khusus 79 karya.


Total hadiah yang diberikan untuk pemenang senilai Rp.500juta serta voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp.31 juta dari tiket.com. hadiah tersebut untuk karya juara 1, 2, 3, dan harapan 1, harapan 2.
Khusus untuk karya Best of The Best dengan hadiah mencapai Rp.100 juta.

Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan. Informasi yang disampaikan media menjadi promosi yang efektif serta dapat mendorong minat wisatawan melakukan perjalanan antara lain mengunjungi destinasi digital di tanah air.

Wisata Indonesia di APWI 2019
Penampilan Menpar Arief Yahya


Acara APWI 2019 di meriahkan dengan tarian daerah 5 destinasi. Juga tak kalah serunya, Menpar Arief Yahya tampil bernyanyi didepan para undangan acara APWI 2019, dan dilanjut dengan pidato sambutan serta membacakan pemenang karya Best of The Best.

Dengan tema wisata milenial, Menpar Arief Yahya berharap kinerja sektor pariwisata Indonesia semakin baik termasuk dalam upaya memenuhi target kunjungan 18,5 juta wisman tahun ini di mana lebih dari 50 persen datang dari kalangan kaum milenial. Selain Millennial Tourism, program pengembangan Destinasi Super Prioritas menjadi tema lomba dan mendapat penghargaan khusus.

Pemberian apresiasi ini diharapkan dapat memacu para pewarta pariwisata dalam membuat karya dalam tulisan atau tayangan yang menginformasikan kepada wisatawan tentang berbagai kegiatan yang terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) yang dianggap sebagai unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata yang saat ini harus mengikuti tren era digital dengan kunjungan wisatawan didominasi dari generasi milenial. Menurut Menpar Arief Yahya, media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional.

Didalam kesempatan ini juga, Menpar Arief Yahya juga memberikan bocoran tema umum untuk APWI 2020 selanjutnya yaitu Tourism 4.0
Tema khusus : 10 Destinasi pariwisata prioritas & Likupang
Best of The Best dengan hadiah Rp.250juta
Dan total hadiah senilai Rp.1 miliar.

Semangat.....untuk semua pewarta wisata dalam membuat konten wisata Indonesia, dan raih hadiahnya di tahun depan dengan mengikuti APWI 2020.




Demikianlah Artikel APWI 2019 Pengaruh Pada Wisata Indonesia
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel APWI 2019 Pengaruh Pada Wisata Indonesia dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2019/10/apwi-2019-pengaruh-pada-wisata-indonesia.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...