Penyebab dan Dampak Pencemaran air

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:


PENCEMARAN AIR

A. PENCEMARAN AIR
 
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penumpangan air seperti danau, sungai, lautan dan tanah akibat aktivitas manusia. Menurut keputusan Menteri Negara Kepedudukan dan Lingkungan Hidup No.02/MENLH/I/1998, yang dimaksud dengan polusi/pencemaran air adalah masuk / dimasukannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam air/udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya.

Indikator atau tanda bahwa air di lingkungan telah tercemar adalah adanya perubahan atau tanda yang diamati dan digolongkan menjadi :
  1. Pengamatan secara fisis, yitu pengamatan pencemaran air berdasarkan tingkat kejernihan air, perubahan suhu, warna dan adanya perubahan bau dan rasa.
  2. Pengamatan secara kimiawi, yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan zat kimia yang terlarut (perubahan pH).
  3. Pengamatan biologis, yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan mikroorganisme yang ada didalam air, terutama ada tidaknya patogen.

B.PENYEBAB PENCEMARAN AIR

Penyebab pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda yaitu :
Sampah organik seperti air comberan, menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada kekurangan oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
Industri membuang berbagai macam polutan kedalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan.

C. DAMPAK PENCEMARAN AIR
  1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen (O2) yang dapat menyebebkan kematian.
  2. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
  3. Pendangkalan dasar perairan
  4. Tersumbatnya penyaring reservoir dan menyebabkan perubahan ekoligi
  5. Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat
  6. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan
  7. Kematian biota kuno, seperti : plankton, iank, bahkan burung
  8. Kekurangan sumber air
  9. Mutasi sel, kanker, dan leukimia.

Demikianlah Artikel Penyebab dan Dampak Pencemaran air
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel Penyebab dan Dampak Pencemaran air dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2017/12/penyebab-dan-dampak-pencemaran-air.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...