Materi Konservasi air

tipskecantikanwinda.blogspot.com | salam hangat dari admin blog.. semoga isi artikel ini bermanfaat bagi pengunjung blog kami dan jangan sungkan untuk berkomentar selamat membaca..

Baca Juga:




KONSERVASI AIR


A. KONSERVASI AIR 

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorang pun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari misalnya memasak, mencuci, mandi dan untuk kebutuhan lainnya. Air juga digunakan untuk keperluan industry, pertanian, pemadam kebakaran dsb.
Konservasi air  merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara sengaja dilakukan oleh manusia dalam pengelolaan air untuk menjaga keseimbangan keaneragaman hayati dan ekosistem.

B. PENCEGAHAN BANJIR DAN KEKERINGAN 

Agar banjir dan kekeringan dapat diantisipasi, maka perlu dibuat peta rawan banjir dan kekeringan pada tiap daerah, menyusun rencana penanggulangan banjir dan kekeringan, dan menyiapkan sarana dan prasarana untuk mengadaptasinya.
Berikut ini beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk mencegah banjir yaitu :

  1. Memenuhi ketentuan tentang Koefisien Bagunan Dasar (KBD) bangunan sehingga kemampuan peresapan air nkedalam tanah meningkat.
  2. Melakukan penanaman, pemeliharaan, dan kegiatan konservasi tanah lainnya pada kawasan lahan yang gundul dan tanah kritis lainnya terutama pada kawasan hulu  uatu DAS.
  3. Membangun sumur dan kolam resapan.
  4. Membangun dam penampung dan pengendali air pada tempat –tempat yang dimungkinkan.
  5. Peraturan tata guna lahan yang harus lebih berorientasi kepada lingkungan dan meningkatkan ruang terbuka hijau.


C. PENCEGAHAN EROSI DAN SEDIMENTASI 

Erosi dan Sedimentasi adalah peristiwa terkikisnya lapisan permukaan bumi oleh angina tau air. Faktor penentu sedimentasi ini adalah iklim, topografi, dan sifat tanah serta kondisi vegetasi. Faktor penyebab erosi yang terbesar adalah pengikisan air. Oleh karena itu upaya pencegahan yang dilakukan berkaitan dengan upaya pencegahan banjir. Erosi juga dapat terjadi pada tepi sungai katena tebing sungai tidak biasa memegang tanah yang terkena arus air.

Demikianlah Artikel Materi Konservasi air
dan Nantikan artikel selanjutnya

Anda sekarang membaca artikel Materi Konservasi air dengan alamat link https://tipskecantikanwinda.blogspot.com/2017/12/materi-konservasi-air.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...